October 25 2020 0Comment

Jatim Fair Virtual 2020 Borong Kerjasama Lintas Negara

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Perhelatan Jatim Fair Virtual 2020 berhasil menorehkan kerjasama antara UMKM Jatim dengan berbagai perusahaan lintas negara. Meliputi Mesir, Tiongkok, California, Afrika Selatan, New Zealand, Paris dan Hong Kong.
Penandatangan MoU dilakukan secara virtual dalam acara opening ceremony yang dibuka oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Grand City Surabaya, Kamis (22/10/2020).

Jatim-Fair-Virtual-2.jpg

Khofifah mengungkapkan, kerjasama global merupakan inisiasi Kanwil BI dan Kadin Jatim guna menggerakkan pelaku usaha dan membangun koneksitas dengan berbagai negara bersama diaspora.

“Ini adalah terobosan luar biasa,” jelas Khofifah.

Terlebih, imbuhnya, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menjadikan Jatim dan Bengkulu sebagai best practice dari pembangunan yang cerdas. Menurut Khofifah, pencapaian tersebut merupakan hasil kolaborasi antara pemerintah dan sektor privat.

Di sisi lain, tema Transformasi Digital untuk Pemulihan Ekonomi dalam perhelatan Jatim Fair Virtual 2020 menjadi pilihan tersendiri. Dengan tujuan, membangun koneksi secara lebih luas.

Jatim-Fair-Virtual-3.jpg

“Jadi ini bukan karena Covid-19. Namun sebuah kebutuhan membuka market place,” tandasnya.

Oleh sebab itu pihaknya mengimbau kepada seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jatim dan lintas sektor untuk meningkatkan literasi digital secara berseiring. Artinya, UMKM harus masuk pada format e-commerce.

“If you are not globalized, your death,” ungkap Khofifah mengutip pernyataan Jack Ma.

Dalam kesempatan tersebut, Duta Besar RI Pretoria, Afrika Selatan, Salman Alfarisi, menyambut gembira atas terselenggaranya acara dan jalinan kerjasama ini.

“Mudah-mudahan bisa dikembangkan satu upaya lebih baik dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Jatim,” harapnya.

Untuk diketahui, Jatim Fair Virtual 2020 merupakan bukti nyata kecepatan adaptasi di tengah pandemi. Acara adalah rangkaian peringatan HUT ke-75 Provinsi Jatim dan telah memasuki tahun ke-11. Digelar secara virtual selama lima hari mulai 22-26 Oktober 2020 dan akses terbuka bagi masyarakat umum. Total diikuti oleh 115 peserta dari 38 kabupaten/kota, BUMN, BUMD dan OPD Jatim dengan 224 booth pameran. (*)

 

Sumber : https://www.timesindonesia.co.id/read/news/304986/jatim-fair-virtual-2020-borong-kerjasama-lintas-negara

admin

Write a Reply or Comment